Wartawan BBC menyamar ke Korut

universitas terkemuka di inggris melancarkan kecaman ke bbc (media inggris), minggu, karena wartawan bbc telah menyamar dijadikan mahasiswa tingkat doktoral danmelakukan perjalanan akademis untuk membuat film dokumentasi ke korea utara (korut).

cara itu dapat merugikan mahasiswa pada rombongan tersebut, yang tak hapal rencananya.

london school of economics (lse) menyatakan kiranya tiga wartawan bbc--termasuk asli wartawan yang disegani, john sweeney--bergabung dalam perkumpulan mahasiswa dan sedang mengerjakan kaji wisata dalam akhir maret. mereka berpura-pura adalah wisatawan, lalu memesan film tentang negara tertutup tersebut.

pihak universitas menungkapkan bahwa kaum mahasiswa sudah mendapat pemberitahuan kiranya banyak betul wartawan dan hendak ikut bersama mereka, ternyata tidak detail apakah bbc bertujuan mencari perjalanan tersebut supaya merekam diam-diam film dan hendak diputar di situs keindahan dan menyiarkan topik-topik hangat.

Informasi Lainnya:

ini bukan studi wisata resmi lse, tutur craig calhoun, direktur perguruan tinggi tersebut di akun twitter, semisal dikutip reuters.

bbc mengaturnya, memanfaatkan perkumpulan tersebut agar menjaring audien.

ketegangan pada semenanjung korea meningkat akhir-akhir ini karena ancaman peluncuran nuklir dengan korut.

lse menungkapkan bahwa sweeney, alumnus tahun 1980, mengaku dibuat mahasiswa doktoral bidang sejarah, agar mampu lolos masuk negara tersebut, meskipun ketika ini ia tak memiliki hubungan melalui lembaga pendidikan tinggi itu.

staf bbc mengakui bahwa rombongan tersebut sengaja menyamarkan keterlibatan bbc di kunjungan tersebut, kata lse.

menurut lse, kaum mahasiswa dan ikut beranjak tidak diberitahu melalui detail untuk bisa menyetujui, serta menempatkan mereka selama bahaya bila penyamaran itu terungkap sebelum mereka menimbulkan korut.

lse membayar bbc supaya menarik film dokumenter dan berdasarkan rencana hendak diputar di hari senin mendatang, tetapi direktur penyiaran menolak permintaan itu.

para mahasiswa dengan tegas sudah diberitahu dan diperingatkan potensi risiko perjalanan ke korut bersama wartawan, tulis bbc pada lamannya.

termasuk juga peringatan mengenai risiko ditangkap serta ditahan dan kemungkinan mereka tidak diperkenankan lagi masuk ke korut dalam waktu yang akan datang.

sweeney membela diri di akun twitter dengan menulis lse menganggarkan pernyataan dan kita perdebatkan.

kami beranjak ke korut melalui menyamar. agen korut pasti tak senang. mahasiswa lse tahu hendak hal ini sebelum pergi. mereka setuju.

laman panorama menungkapkan kiranya sweeney mengisi masa delapan hari untuk menyamar tepat dalam jantung negeri yang diawasi dengan ketat.

bepergian dari pyongyang ke daerah pedesaan dan termasuk kawasan de-militarisasi--di perbatasan dengan korea selatan--sweeney menyaksikan pemandangan dan suram, orang-orang dicuci-otak pada tiga generasi dan rezim melalui senang memberikan kesan berbaris menuju armageddon, tulisnya.

lse mengatakan, aspek-aspek mengenai korut sah adalah bahan penelitian daripada semua tinjauan disiplin ilmu, sementara bbc telah merusak nama perguruan tinggi serta berdampak pada kunjungan ke korut yang berikutnya, juga ke negara lain.

karya bbc tersebut membuat mahasiswa berada di bahaya, padahal tampaknya tak mendapatkan info masih kecuali cuma menunjukan korea utara semisal yang dilihat wisatawan, papar calhoun.