RI sarankan Meksiko pelajari KPK

indonesia menganjurkan meksiko mempelajari komisi pemberantasan korupsi dengan belajar dari pengalaman-pengalaman kpk dalam menangani kasus-kasus korupsi di indonesia.

hal tersebut disampaikan delegasi indonesia pada pertemuan tahunan pimpinan parlemen negara anggota g-20 dan membicarakan isu memerangi korupsi pada meksiko.

hal itu ingin kami bicarakan lebih lanjut selama pertemuan bilateral dengan delegasi parlemen meksiko, papar ketua delegasi indonesia sohibul iman dan juga wakil ketua dpr koordinator ekonomi dan keuangan (korekku) akhir pekan ini.

dia menjelaskan indonesia menyambut baik rencana meksiko yang segera mendirikan lembaga anti-korupsi mengikuti jejak indonesia yang memiliki kpk.

Informasi Lainnya:

isu pemberantasan korupsi jadi perbincangan baik dalam diantara pimpinan parlemen negara g-20 yang yang berlangsung di mexico city, selama tanggal 3--5 april 2013.

salah satunya, kebutuhan parlemen meksiko supaya segera mengeluarkan peraturan pembentukan lembaga antikorupsi semisal yang sudah dilakukan indonesia ketika membentuk kpk 10 tahun silam.

langkah itu dilaksanakan dijadikan upaya sistematis memerangi korupsi dalam negeri tersebut.

ketua senat meksiko, senator ernesto cordero arroyo, menyampaikan keuntungan tersebut ketika memimpin sidang sesi pertama forum pertemuan pimpinan parlemen g-20 bertajuk financial system reform serta fight against corruption di gedung lama parlemen meksiko city selama jumat (5/4) dini hari wib.

menurut cordero, persoalan korupsi di negerinya sudah demikian berat dan tak bisa saja cuma memberikan penanganannya kepada aparat kepolisian atau kejaksaan saja.

kami menikmati keberhasilan indonesia di menangani korupsi melalui keberadaan lembaga antikorupsi. oleh sebab itu, kami ingin lembaga semisal pada indonesia itu juga ada dalam meksiko, ujarnya ketika memberi kesimpulan atas semua pandangan serta pengalaman negara-negara audien pada sesi pertama sidang yang berlangsung di gedung berlalu parlemen meksiko.