Pemindaian UN SMA ditargetkan selesai 2 Mei

universitas negeri semarang (unnes) menargetkan pemindaian lembar jawab ujian nasional (un) 2013 jenjang sma serta sederajat, tergolong ujian paket c dan ditanganinya rampung 2 mei 2013.

kami memindai setidaknya 1,49 juta lembar jawab un sma serta sederajat, termasuk lembar jawab ujian paket c, kata penanggung jawab pengawasan un jawa tengah, prof fathur rokhman, selama semarang, selasa.

ia menyebutkan batas waktu yang diberikan agar pengumpulan hasil pemindaian lembar jawab un dan ujian paket c tersebut di 3 mei 2013, sementara sebelum tersebut pihaknya menargetkan semua pemindaian tuntas diselenggarakan.

menurut pembantu rektor iv unnes itu, sudah banyak sederat persentasi yang ditemukan selama pemindaian, mulai lembar jawab murah, sobek, ataupun ketidakcermatan siswa selama mengisi biodata serta kurang menghitamkan langkah awal.

Informasi Lainnya:

namun, tutur dia, berbagai kendala tersebut berhasil diatasi oleh tim pemindai oleh karenanya tidak sampai menimbulkan hambatan berarti di proses pemindaian juga siswa tidak mesti khawatir hasil kerjanya tidak terpindai.

kami menjamin semua lembar jawab berhasil dipindai. tidak usah takut. tak banyak audien un dan dirugikan atau `diuntungkan`, semua hambatan itu mampu diatasi sesuai prosedur operasional standar, katanya.

fathur rokhman menyatakan tim pemindai dan dikerahkan sebanyak 90 orang diatur dengan sistem shift untuk mengerjakan tugas pemindaian pada 24 merek non stop mulai awal pelaksanaan un sma sederajat, 15 april 2013.

ada sebanyak 23 mesin scan (pindai) dan kami punya, yakni mesin pindai biasa serta mesin pindai berteknologi citra. untuk kasus-kasus tertentu, semisal lembar jawab murah dimanfaatkan mesin pindai citra, ujarnya.

nantinya, hasil pemindaian dari unnes itu ingin dikirimkan ke pusat penilaian studi (puspendik) kemendikbud agar dilakukan proses skoring dan lalu diolah merupakan nilai-nilai dan didapatkan siswa.

kami optimistis (pemindaian, red.) bisa tuntas tepat masa. ditargetkan pada 2 mei mendatang proses pemindaian lembar jawab un telah rampung dan dikirim ke pusat agar langsung dilakukan skoring, katanya.