Rusia tangkap 140 warga muslim

petugas keamanan rusia menangkap 140 masyarakat muslim di sebuah mushala pada moskow pada jumat, dibuat upaya agar membeli grup milisi islam, lapor kantor berita rusia yang mengutip dinas keamanan federal rusia (fsb).

fsb serta dinas migrasi federal membawa mereka yang ditangkap, termasuk 30 warga asing, ke kantor polisi gampat ditempuh tujuan pada wilayah utara moskow, tulis kantor berita ria novosti yang mengutip fsb cabang moskow.

tidak ada indikasi keterkaitan antara serangan pada boston marathon selama 15 april 2012 melalui penangkapan itu, walaupun hingga kini pemerintah as tetap meyakini dua bersaudara etnis chechnya yang tinggal dalam wilayah kaukasus utara rusia bertanggung jawab atas meledaknya bom dan menewaskan tiga orang dan melukai 264 orang itu.

presiden vladimir putin selama siaran televisi dalam kamis menyampaikan bahwa pengeboman boston adalah bukti kiranya sikap tegasnya pada milisi selama kaukasus utara selama ini berdasar. dengan demikian dari tersebut putin merasa kiranya rusia serta amerika serikat mesti berusaha sama pada hal keluar dari kelompok milisi itu.

Informasi Lainnya:

ria novosti mencatat bahwa otoritas penegak hukum mengatakan sejumlah orang yang tengah berada di tempat peribadatan selama waktu 2012 kerap berkaitan dengan pemberontakan milisi islam di wilayah kaukasus utara.

tetapi kaum kritikus menungkapkan bahwa penggerebakan semacam itu sebenarnya bertujuan untuk mengusir para imigran ilegal daripada bekas republik soviet dalam kaukasus selatan juga asia sedang, sekaligus menunjukkan kiranya pemerintah mengambil tindakan pada kelompok islamis.

ria mencatat kiranya mereka yang ditangkap dibawa ke kantor polisi agar diidentifikasi dan diinterogasi. tapi, tak ada laporan mengenai benar pun dan hendak ditahan. televisi pemerintah menayangkan gambar para pria yang berbaris menaiki sebuah bus polisi setelah ditahan.

sebanyak 300 pihak yang lain serta ditahan selama penggerebekan serupa dalam st. petersburg pada februari 2012, walaupun sebagian besar dari mereka kemudian dibebaskan.

ria melaporkan kiranya salah Salah satu warga asli chechnya sudah bergabung dengan pemberontakan sesudah mengunjungi info peribadatan dan dilaporkan orang tersebut sudah tewas dalam oktober 2011. namun, fsb juga pejabat dinas migrasi rusia menolak mengonfirmasi keuntungan itu.