SBY pastikan Indonesia siap masuki AEC 2015

cuma kurang dari dua setengah tahun dulu, namun presiden susilo yudhoyono hendak memastikan kesiapan indonesia guna menyongsong komunitas ekonomi asean (asean economic community/aec) di 2015 nanti.

jangan hingga mengeluh tidak siap, tidak siap. berhenti agar mengatakan tidak siap apalagi mengeluh, 'lets do something together, katanya terhadap pers nasional, pada pernyataan setengah berbahasa inggris, dalam bandar seri begawan, brunei darussalam, jumat.

menuju aec 2015 dibutuhkan sederat persyaratan keterpaduan dan konektivitas di semua aspek dalam diantara negara anggota asean, mulai dari tataran hukum, birokrasi juga perundangan, infrastruktur fisik, dan kesamaan persepsi juga kultur tatakelola.

indonesia cuma sempit mengeluarkan apbn-nya agar perawatan dan pengadaan infrastruktur. dibanding agar infrastruktur, lebih ada anggaran apbn untuk subsidi bbm yang dipacu penyedia kendaraan pribadi berbasis ketidakberesan sistem transportasi massal.

Informasi Lainnya:

untuk itu, menurut yudhoyono, langsung membentuk komite meyakinkan kesiapan indonesia menyongsong komunitas ekonomi asean 2015. dirinya sudah menugasi menteri koordinator perekonomian, hatta rajasa, agar membentuk komite tersebut.

komite itu akan diisi daripada berbagai kalangan, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja, serta para ahli. mereka mau mengindentifikasi sektor-sektor industri di menyongsong komunitas ekonomi asean. dicari di 2,5 tahun bisa diperbaiki hal-hal yang dinilai kurang.

dia menyakini, komunitas ekonomi asean mampu meningkatkan perekonomian kawasan. integrasi ekonomi tersebut juga memperbaiki mobilitas modal, manusia juga barang dan jasa di kawasan. indonesia mesti dapat memetik hal yang lebih menarik dari integrasi ekonomi itu.

indonesia tak bisa adalah the looser, kita harus adalah the winner, ujarnya terhadap insan pers indonesia, ada selama bahasa inggris dulu.