Presiden Obama solider potong gajinya secara sukarela

presiden amerika serikat barack obama 5 persen gajinya dijadikan bentuk solidaritas terhadap kaum pegawai pemerintah dan mesti mengambil cuti tidak bayaran akibat keberadaan pengurangan anggaran shopping yang dimulai bulan 2012.

pemotongan gaji presiden obama tersebut mulai diselenggarakan pada 1 maret, yaitu ketika pengurangan anggaran tersebut mulai berlaku, lapor reuters.

pemotongan gaji obama akan berlangsung sampai akhir desember tahun ini, papar benar pejabat pemerintah, rabu.

obama memperoleh gaji sebesar 400.000 dolar (rp3,9 miliar) setahun.

Informasi Lainnya:

pejabat tersebut menyampaikan presiden obama memutuskan untuk memangkas 5 persen gajinya, yang berarti persentasi keseluruhannya mencapai 20.000 dolar (rp195 juta) sebab persentasi tersebut mau sama melalui besarnya tingkat pemotongan dengan badan-badan pemerintah non-pertahanan.

pembelanjaan bebas untuk pertahanan serta non-pertahanan sudah mengerucut dijadikan akibat dari pengurangan dalam bawah proses dan disebut dengan penyitaan.

guna menjaga fungsi-fungsi amat berguna, ada badan pemerintah membuat karyawan mereka mengikuti cuti tanpa bayaran.

langkah obama tersebut dilakukan sesudah menteri pertahanan as chuck hagel mengatakan ia akan membayarkan lagi sebagian dari gajinya sebesar kasus yang tak dulu diterima oleh para pegawai negeri.

hagel akan membayarkan lagi gaji setara dengan 14 hari gaji kepada pemerintah, yakni sekira 10.750 dolar (rp104,8 juta), tutur juru bicaranya, selasa.

keputusan obama agar memotong gajinya tersebut pertama kali dilaporkan oleh the new york times.

penyitaan dari awalnya dirancang dijadikan hasil sedemikian rupa yang membuat kaum perunding anggaran harus mencari langkah lain agar mempertipis defisit dan berjumlah miliaran dolar.